Kamis, 22 April 2010

Fedora 13 Beta Version ‘Goddard’ Released

. Kamis, 22 April 2010

Fedora 13 yang diberi codename ‘Goddard’ akhirnya dirilis versi beta oleh tim pada 13 April 2010 lalu. Nama Goddard sendiri diambil dari salah seorang pioneernya yaitu Robert Hutchings Goddard. Seperti biasa, versi beta ini diharapkan dapat dicicipi oleh para pengguna, developer dan administrator untuk kemudian didandani kembali agar lebih baik dan stabil sebelum versi release keluar.

Bagi yang ingin mencoba dapat dengan mudah menemukan live images yang disediakan di http://fedoraproject.org/get-prerelease?rhprF13b. Jika menggunakan Live USB Drive untuk boot, hebatnya pengguna dapat menambahkan data personal atau aplikasi favorit di dalamnya. Jika ditilik lebih jauh, tim pengembang menyatakan terdapat beberapa perubahan dalam versi Goddard ini. Yaitu:
  • Adanya sebuah back end desktop teknologi yang disebut dengan PackageKit. Teknologi ini akan secara otomatis offer action atau instalasi software helper jika mendeteksi hardware atau software baru. Sumber yang digunakan disebut-sebut seluruhnya adalah open source sehingga user tidak perlu khawatir.
  • Versi beta dari Goddard ini diharapkan menjadi pilihan developer atau programmer. Dalam edisi ini, Fedora 13 telah dilengkapi dengan Phyton 3 yang siap diinstall secara langsung.
  • Beberapa fungsi baru juga ditambahkan di Fedora 13 Beta ini untuk debugger GNU, gdb. Dengan gdb maka developer Phyton diharapkan dapat melakukan prosescoding dan debugging dengan lebih cepat. Disebutkan bahwa teknologi yang satu ini akan menjadikan kolaborasi dengan Eclipse menjadi lebih apik.
  • Dengan fitur baru di file system btrfs, user dapat melakukan rollback seluruh isi file system. Dengan ini, maka user dapat melakukan recovery system dengan kualitas yang lebih baik daripada menggunakan Anaconda. Teknologi ini termasuk pilihanadvanced untuk tipe storage.
  • Untuk pertama kalinya, Fedora 13 dilengkapi dengan Zarafa. Zarafa adalah sebuah pengganti yang sempurna untuk Microsoft Exchange di dunia open source. Fitur-fitur Zarafa yang cukup banyak merupakan daya tarik dalam Fedora 13 ini.
Jadi, jika anda mulai penasaran dengan si Goddard, silakan saja ambil di http://fedoraproject.org/get-prerelease dan dapatkan semua yang menarik dari yang satu ini. Well, secara pribadi saya suka dengan Fedora. Hehe..


Selamat mencicipi dan selamat berkarya. The Power of Sharesm/41021/os.

Baca juga artikel ini:



5 komentar:

sa.uqhi mengatakan...

waaaaww

alkatro mengatakan...

fedora emang mantaf! met pagii.. :D

Eligio Moniz do Rego mengatakan...

Sekalian buat tutorial instalasinya brotha..

pak_kost mengatakan...

siap untuk dicicipi

saifulmuhajir mengatakan...

@igo
kalo bikin tutorial instalasi ini yang berat..
belum sempet..
hehe..

Posting Komentar

 
© Copyright 2007-2010. DOSCOM BLOG. All rights reserved | www.doscom.org is proudly powered by Blogger.com