Kamis, 08 Oktober 2009

Semarak Software Freedom Day 2009 - Udinus

. Kamis, 08 Oktober 2009


Alhamdulillah adalah kata yang tepat untuk menggambarkan betapa saya sangat berterima kasih pada semuanya. Pada para panitia, dan para guest yang sudah bersedia meramaikan acara Software Freedom Day 2009 (SFD2009) – Udinus yang berlangsung pada 6 Oktober 2009 kemarin. Acara SFD2009-Udinus yang diselenggarakan berkat kerjasama antara OpenSource University Meetup (OSUM) Udinus Club dan Dinus Open Source Community (DOSCOM) ini berjalan dengan sangat baik dan meriah.

Acara SFD kali ini dimulai dengan SFD Celebration yang berlangsung pada pukul 10.10 WIBB di sebuah ruang kelas berukuran sedang. Acara pembukaan ini merupakan acara penyampaian pemahaman kepada para peserta SFD2009-Udinus untuk lebih tahu tentang acara SFD yang mereka ikuti sehingga bukan sekedar ikut-ikutan. Hal ini bertujuan untuk sekaligus mensosialisasikan OSUM Udinus Club dan pemahaman tentang Open Source dalam dunia nyata.
Setelah preview SFD Celebration selesai, merangkap sebagai pembicara dan pembawa acara, saya selaku OSUM Leader Udinus Club melanjutkan acara dengan penyampaian materi seminar lokal yang berjudul ‘Pintar Tanpa Duit, Kenapa Tidak?!’. Seminar lokal ini saya sampaikan sebagai bentuk kepedulian saya terhadap kalangan bawah (baca:miskin) yang tidak mudah untuk mendapatkan pendidikan/ilmu berkualitas karena biaya pendidikan yang sangat mahal. Dengan konsep pendidikan berbasis komunitas yang terbuka, saya menyampaikan bahwa untuk pintar seseorang tidak harus berduit.
Meskipun suasana seminar lebih nampak seperti suasana kelas kuliah, namun hal ini tidak menyurutkan antusiasme peserta untuk menyimak materi yang saya berikan. Hal ini nampak dari penuhnya ruang kelas dengan jumlah kursi yang harus ditambah. Selain itu, panitia yang semula saya minta untuk hadir di ruang dengan terpaksa tidak dapat mengikuti materi karena ruang seminar tidak lagi muat.
Suasana semakin hangat saat saya melanjutkan presentasi tentang Sun Academic Initiative (SAI) dimana Udinus telah terdaftar sebagai komunitasnya. Pendaftaran kampus Udinus yang saya lakukan beberapa bulan lalu mengharuskan saya mensosialisasikan hal ini. Presentasi tentang training gratis via online yang diberikan oleh Sun Microsystems kepada kalangan kampus ini berakhir pada pukul 12.30 WIBB yang berarti mundur dari jadwal semula yaitu pukul 12.00 WIBB.
Setelah acara seminar dan sosialisasi selesai, para peserta kemudian beristirahat dan mengambil giveaways dari OSUM yang berada di bawah pohon rindang (DPR) Udinus. Selain itu, peserta yang hendak mengikuti acara Open Source Install-Fest hanya perlu membawa laptopnya di kawasan DPR untuk selanjutnya bersama-sama melakukan acara install-fest. Dalam acara install-fest ini, peserta bebas memilih jenis system operasi Open Source yang mereka inginkan, namun dengan pemberian pengetahuan tentang OS yang akan mereka gunakan oleh team dari DOSCOM.
Bersamaan dengan acara install-fest, peserta juga dipersilakan untuk mendaftar dalam acara ‘Urban Terror’ Competition. Sebuah acara bermain game yang akan mendapatkan hadiah bagi pemenangnya yang juga diselenggarakan di kawasan DPR. Para peserta kompetisi ini nampak tenggelam dalam asyiknya permainan yang mereka mainkan diiringi deru mesiu dan teriakan dari masing-masing team seolah mereka sedang dalam misi peperangan.
Acara yang berakhir pada pukul 16.00 WIBB ini berlangsung sangat meriah. Hal ini menunjukkan bahwa antusiasme mahasiswa Udinus akan Free and Open Source Software (FOSS) sangat besar. Acara yang pertama kali diselenggarakan ini diikuti oleh 81 orang sebagaimana terdaftar dalam http://osum.sun.com/events/sfd2009udinus-1, yang saya yakin dalam kenyataannya lebih banyak daripada itu karena beberapa orang yang hanya berstatus ‘might attend’ juga hadir dalam acara ini. Selain itu, acara ini juga mendongkrak jumlah member OSUM Udinus Club yang semula hanya berjumlah 34 orang menjadi 112 orang. Hal ini menjadikan OSUM Udinus Club telah resmi bergabung dalam dalam OSUM Century Club sebagaimana yang dikatakan oleh Gary Serda.
Meskipun saya telah berstatus lulus, namun bulan depan (November 2009), saya berjanji akan mengadakan acara yang lebih besar dengan menggandeng komunitas lebih banyak untuk lebih menggalakkan perkembangan Open Source Software. Terima kasih saya sampaikan pada team dan peserta. Dan sampai jumpa di next bigger event.
Salam,
Ahmad Saiful Muhajir
OSUM Leader Udinus Club

Baca juga artikel ini:



4 komentar:

Muhammad Nurul Hidayat mengatakan...

"semangat bang ipuL"

Alex Budiyanto mengatakan...

what a great event!, semoga event-nya bisa bermanfaat buat rekan2 UDINUS.

Ari Eko Prasethio mengatakan...

Great event mas ipul..
Two thumbs up!

wahyu asyari m mengatakan...

:X mangstappp gan

Posting Komentar

 
© Copyright 2007-2010. DOSCOM BLOG. All rights reserved | www.doscom.org is proudly powered by Blogger.com